Posyandu Terintegrasi dengan Layanan Sosial Dasar

Berita

Merupakan suatu upaya mensinergikan berbagai layanan yang dibutuhkan masyarakat meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial di Pos Pelayanan Terpadu Balita. Layanan sosial dasar yang dimaksud berupa BKB (Bina Keluarga Balita) dan PAUD.

Menyadari usia dini atau balita membutuhkan kualitas kesehatan dan pendidikan yang maksimal serta memadai, maka salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menambah kegiatan di posyandu dengan BKB dan PAUD. Jadi kegiatan posyandu bukan sekedar di isi dengan penimbangan berat badan balita. Dengan demikian tujuan dasar diadakannya posyandu dapat dicapai yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia sejak dini melalui layanan sosial dasar masyarakat untuk menunjang pembangunan.

Demikian pemaparan yang disampaiakan oleh Sri Rejeki Endang, Ketua Pokja 4 TP PKK Kecamatan Purwareja Klampok pada kegiatan Pelatihan Bina Keluarga Balita (BKB) yang diselenggarakan oleh TP PKK Desa Klampok Kecamatan Purwareja Klampok.

Lebih lanjut Sri Endang Rejeki memberikan contoh kegiatan posyandu yang terintegrasi. Di Posyandu balita akan dipantau kesehatan dan perkembangan dan pertumbunhannya. Di BKB orang tua balita akan diberikan kesempatan untuk saling belajar bagaimana mendidik balita pada usia emas, seperti pemberian asupan makanan yang bergizi dan seimbang dan bagaimana mengajak balita berkomunikasi sampai dengan melatih perkembangan pertumbuhannya. Sementara Balita bisa bermain dengan teman-teman seusia di PAUD sambil dipantau perkembangan pola pikirnya oleh mentor PAUD atau Kader Posyandu.

Narasumber Ketua Pokja 4 TP PKK Kecamatan Purwareja Klampok memberikan pemaparan dihadapan peserta

Pelatihan dilaksanakan di rumah Ketua RW 7 Daryono yang diikuti oleh perwakilan dari 8 kelompok BKB di Desa Klampok. Pelatihan kali ini mengangkat tema tentang pelaksanaan teknis pelaksanaan BKB yang terintegrasi dengan posyandu balita. Ditemui dikantornya Kasi Pelayanan Desa Klampok selaku penanggungjawab kegiatan Siti Muntaqoh mengatakan kegiatan pelatihan kader masyarakat menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Klampok. “ Diharapkan dengan pelatihan ini kader BKB dapat segera memulai posyandu yang terintegrasi dengan layanan sosial,” demikian Bu Mumun panggilan Kasi Pelayanan ini melanjutkan. @z 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.