KOLESTEROL DAN PENYAKIT JANTUNG

Berita

Kolesterol merupakan zat alami yang ada di dalam tubuh, tapi apabila berlebihan didalam darah akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Kondisi ini akan membuat aliran darah terganggu dan akhirnya membatasi asupan darah ke jantung. Asupan darah ke jantung yang tidak cukup dapat menyebabkan nyeri dada. Apabila asupan darah ke jantung benar-benar terpotong, maka akan menyebabkan  serangan jantung.

Kebanyakan kondisi kadar kolesterol tinggi pada awalnya tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga banyak orang yang tak menyadarinya. Namun apabila dibiarkan akan sangat berbahaya sebagaimana ilustrasi diatas, untuk itulah penting melaukan pemeriksaan kolesterol darah.

Menurunkan kadar kolesterol sangat membantu mengurangi risiko penyakit dan serangan jantung. Bagi yang tidak memiliki penyakit jantung, menjaga kadar kolesterol agar tetap terkendali dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh khususnya dari penyakit jantung.

Hal-hal yang memengaruhi kadar kolesterol

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol darah.
  • Berat badan berlebih meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung. Mengurangi berat badan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
  • Gaya hidup yang jarang bergerak adalah faktor risiko untuk kadar kolesterol yang tinggi dan penyakit jantung. Aktif secara fisik juga akan membantu mengurangi berat badan.

Oleh karenanya gaya hidup dan pola makan yang sehat, baik dan seimbang harus dimulai dari sekarang  untuk mengendalikan kadar kolesterol. Pilihlah makanan dengan lemak jenuh yang rendah dan rendah kolesterol dengan banyak serat yang mudah larut seperti daging tanpa lemak, ikan, unggas tanpa kulit, gandum utuh, buah dan sayuran. Batasi konsumsi makanan yang tinggi kolesterol seperti hati dan daging organ lainnya, kuning telur dan produk susu penuh lemak. Selain itu, cobalah untuk bergerak sebanyak mungkin. 30 menit aktivitas direkomendasikan bagi semua orang. @z2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan