Program Pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahun 2018

Berita

Kebijakan Pemerintah Desa Klampok untuk pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) seperti yang sudah dianggarkan di  APDes Tahun Anggaran 2018 segera akan dimulai. Program pemugaran Rumah Tidak Layak Huni ini merupakan salah satu program dalam rangka pengentasan kemiskinan di Desa Klampok. Sesuai himbauan Bupati Banjarnegara bahwasanya pada penyusunan APBDes diharapkan memasukkan program pengentasan kemiskinan dalam bentuk pemugaran rumah yang tidak layak huni minimal 10 rumah setiap tahun.

Menindaklanjuti himbauan Bupati, APDes Desa Klampok sudah menganggarkan Bantuan Pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada Bidang Pelaksanaan Pembangunan / Infrastruktur senilia 140 juta yang sumber dananya berasal dari Dana Desa (DD) senilai 100 jt dan dari Bantuan Pemerintah Provinsi senilai 40 jt. Masing-masing penerima mendapat 10 jt per rumah sehingga bisa menyisir 14 rumah yang masih tidak layak huni.

Menurut Kepala urusan Perencanaan Desa Klampok, Arif Prasetyoadi bahwa di Desa Klampok masih terdapat 139 rumah yang masuk kategori rumah tidak layak huni. Untuk Tahun Anggaran 2018 Pemerintah Desa Klampok menargetkan 14 rumah bisa menerima program ini. “Untuk penerima program RTLH yang sumber dananya dari DD akan segera dimulai pelaksanaannya sebanyak 10 rumah. Kami sudah survey lokasi dan verifikasi data penerima” Kata Arif.

Sementara untuk penerima program pemugaran RTLH yang sumber dana dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang semula di anggarkan di APBDes senilai 40 jt untuk 4 penerima, ada perubahan menjadi 30 jt untuk 3 penerima sesuai dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang mengalokasikan bantuan 30 jt untuk program RTLH. “Konsekwensi dari perubahan bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini, Pemerintah Desa Klampok segera akan melakukan revisi dalam APBDes Perubahan”, demikian dikatakan oleh Sekretaris Desa Klampok Davis Adityas.

Sekertaris Desa Klampok melanjutkan bahwa program pemugaran RTLH ini merupakan stimulan bagi warga yang masih kurang mampu untuk mendorong kemandirian masyarakat dan menggerakkan partisipasi aktif warga Desa Klampok dengan swadaya gotong royong memperbaiki rumah warga yang kurang mampu. @az

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.