Malam Tirakatan : Dari Instansi sampai Masyarakat

Berita
Kepala Desa dan perwakilan instansi/masyarakat menghadiri malam tirakatan di Aula Kecamatan Purwareja Klampok

Malam Tirakatan menjadi tradisi setiap memperingati malam 17 Agustus. Ritual untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai ungkapan sukur kepada Tuhan yang telah memberikan rahmat untuk merdeka sebagaimana amanat dalam Pembukaan UUD 1945.

Selain itu, malam tirakatan juga sebagai moment untuk meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara dengan mengingat jasa-jasa pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raga. Malam tirakatan juga pengungkapan rasa bahagia warga negara akan kemerdekaan bangsanya.

Dari instansi pemerintah maupun swasta sampai kelompok masyarakat mengadakan malam tirakatan. Dari yang paling sederhana sampai meriah. Secara umum malam tirakatan diisi dengan doa dan pemotongan tumpeng sebagai simbol keberkahan dan keselamatan. Namun ada juga yang disisipi acara yang lain seperti pentas seni, pengajian, pembagian hadiah, pemberian santunan, pemutaran film dan lain sebagainya.

Pemerintah Kecamatan Purwareja Klampok mengadakan malam tirakatan di Aula Kantor Kecamatan Purwareja Klampok. Di hadiri perwakilan masing-masing desa di wilayah Kecamatan Purwareja Klampok dan organisasi masyarakat serta perwakilan masyarakat. Camat Purwareja Klampok memimpin acara malam tirakatan yang diteruskan dengan pemotongan tumpeng keselamatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.