PANITIA PEMILIHAN KEPALA DESA KLAMPOK TAHUN 2019

Berita

Pemilihan Kepala Desa, atau disingkat Pilkades adalah suatu pemilihan yang dilaksanakan secara langsung di desa oleh warga desa setempat untuk memilih Kepala Desa. Oleh karenannya Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih Kepala Desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Proses pelaksanaan Pilkades dimulai dengan membentuk Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa  untuk melaksanakan Pilkades oleh  Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sebagaimana yang diatur dalam UU Desa No. 6 Tahun 2014 Pasal 32 Badan Permusyawaratan Desa membentuk panitia pemilihan Kepala Desa yang bersifat mandiri dan tidak memihak yang terdiri dari unsur Perangkat Desa, Lembaga Kemasyarakatan dan Tokoh Masyarakat.

Desa Klampok termasuk dari 6 (enam) desa di Wilayah Kecamatan Purwareja Klampok yang akan mengadakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 31 Juli 2019. Pemerintah Desa Klampok telah menganggarkan dana sebesar Rp. 94.871.700 yang bersumber sari APBDes Desa Klampok Tahun 2019 dan bantuan Pemda Banjarnegara.  Dari APBDes Desa Klampok sebesar Rp. 66.001.700,- yang terdiri dari komponen ADD Tahun 2019 Rp. 18.856.700,- Pendapatan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Rp. 12.230.000,- Pendapatan Asli Desa Rp. 34.915.000,-. Sedangkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Banjarnegara Rp. 28.870.000,-.

BPD menggelar pertemuan pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa

Sebagaimana tahapan yang sudah disetujui oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Panitia Pemilihan Kepala Desa Klampok juga sudah dibentuk. Pembentukan Panitia Pemililihan Kepala Desa Klampok dilaksanakan pada 1 Maret 2019 di Ruang Pertemuan Pemerintah Desa Klampok yang dihadiri oleh seluruh anggota BPD Desa Klampok. Berikut Susunan Panitia Pemilihan Kepala Desa Klampok :

Ketua Suparjo (Tokoh Masyarakat), Sekretaris Susilo (Perangkat Desa) dan anggota Agus Sunarto (Perangkat Desa), Salibo Ashari (Lembaga Masyarakat/LP3M), Jaka Budi Santosa (Lembaga Masyarakat/KPMD),  Agus Sutikno, Suprihadi, Sugeng Tarmono, Kuat Pracoyo, Slamet Fauzi, Sudiyanto (Tokoh Masyarakat), Sunarsih dan Nanik Sutarni (Unsur Perempuan).

Panitia yang sudah dibentuk oleh BPD segera melakukan pertemuan untuk membahas rencana kerja

Mengingat waktu pelaksanaan pemilihan kepala desa yang sudah mendekati, panitia pemilihan yang sudah terbentuk segera melakukan pertemuan marathon untuk membahas segala kebutuhan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa termasuk anggaran, tata tertib dan tahapan-tahapan proses pemilihan Kepala Desa Klampok periode 2019-2025.

2 thoughts on “PANITIA PEMILIHAN KEPALA DESA KLAMPOK TAHUN 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.