PEMILU SERENTAK 2019 Desa Klampok

Berita

Tanggal 17 April 2019 menjadi tonggak sejarah di Indonesia termasuk di Desa Klampok dengan mengadakan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang dilakukan secra  serentak. Pada pemilihan umum kali ini, sesuai aturan yang ditetapkan KPU bahwa maksimal jumlah suara pada setiap TPS adalah 300, maka PPS Desa Klampok sebagai penyelenggara pemilu tingkat desa membagi menjadi 20 TPS yang tersebar di seluruh Desa Klampok.

Suasana pemungutan suara di TPS 07 yang dipenuhi antusiasme warga

Dari pemantauan lapangan, pelaksanaan pemilu di Desa Klampok berjalan dengan baik. Partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya pada pemilu kali ini tergolong tinggi. Berdasarkan data dari Panitia Pemilihan Desa (PPS) Desa Klampok, Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan KPU sejumlah 5.465 orang yang terdiri dari Laki-laki 2687 orang dan perempuan 2.778 orang, sementara dari DPTB yaitu pemilih tambahan (menggunakan A5) sejumlah 15 orang yang terdiri dari laki-laki 8 orang dan perempuan 7 orang. Sedangkan DPK atau yang menggunakan KTP karena belum masuk DPT sebanyak 85 orang yang terdiri dari laki-laki 41 orang dan perempuan 44 orang.

Petugas KPPS dengan ramah melayani pemilih yang akan menggunakan hak suaranya

Dari total yang berhak memberikan suara baik dari DPT, DPT Tambahan maupun DPK sejumlah 5.565 pemilih yang terdiri dari laki-laki 2.736 dan perempuan 2.829, yang datang menggunakan suaranya ke TPS sebanyak 4.327 pemilih yang terdiri dari laki-laki 2.008 dan perempuan 2.319 atau tingkat partisipasi pemilih sebesar 76.4%.

Di TPS 15 tampak pemilih menggunakan hak suaranya dengan gembira

Menurut Ketua PPS Desa Klampok Suprihadi, secara umum pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 kali ini berjalan baik walaupun masih ada kekurangan dan itu sangat wajar, terutama pada pelaporan dan perhitungan Formulir C1 yang kebanyakan terjadi salah tulis. “Kami memaklumi terjadi kesalahan pada penulisan dan pelaporan. Itu sangat wajar dan dimaklumi karena pelaksanaan pemilu kali ini sangat melelahkan yang dimulai pukul 07.00 pagi dan selesai jam 03.00 pagi yang secara otomatis sudah menguras energi dan konsentrasi” demikian dikatakan Ketua PPS Desa Klampok.

Packing berkas pemilu menjadi tahapan akhir sebelum disetorkan ke PPS

“Masih beruntung petugas KPPS di Klampok tidak ada yang sampai jatuh sakit atau meninggal seperti ditempat lain. Oleh karenannya kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman KPPS atas usahanya dalam mengawal dan melaksanakan proses pemilu di Klampok sehingga berjalan baik dan kondusif”, kemudian Suprihadi melanjutkan.

Suasana perhitungan hasil pemilu yang dilaksanakan sampai larut malam bahkan ada yang sampai menjelang pagi.

Sebagai akhir dari pelaksanaan Pemilu di Desa Klampok, diadakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara dengan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) yang dilaksankan pada hari Minggu, 21 April 2019 di Aula Kantor Pemerintah Kecamatan Purwareja Klampok yang dihadiri Ketua KPPS seluruh Desa Klampok, KPPS Desa Klampok, Panwas Kecamatan Purwareja Klampok, PPK dan saksi masing-masing partai dan calon presiden dan wakil presiden. Secara umum rekapituasi perolehan suara tidak mengalami masalah dan berjalan baik walaupun ada beberapa msalah yang ditemui tetapi tidak mendasar dan bisa diselesaikan bersama. @z 2019

Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu Desa Klampok bersama PPK Kecamatan Purwareja Klampok di Aula Kecamatan Purwareja Klampok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.