SEREMONIAL PENDAFTARAN BAKAL CALON KEPALA DESA KLAMPOK

Berita

Tahapan pendaftaran bakal calon Kepala Desa Klampok periode 2019 – 2025 tinggal hari ini. Berdasarkan informasi yang diterima redaksi dari panitia pelaksana, sampai tanggal 21 Juni 2019 kemarin sudah 4 (empat) bakal calon yang mendaftarkan diri.

Ada yang berbeda pada pendaftaran bakal calon kepala desa di Desa Klampok kali ini dengan periode-periode sebelumnya dan mungkin berbeda dari desa-desa lain terutama di wilayah Kecamatan Purwareja Klampok sekalipun, dimana pada pendaftaran bakal calon kepala desa dilakukan acara seremonial.

Seremonial pendaftaran sudah disiapkan dengan baik oleh Panitia Pelkasana dengan menggelar pertemuan yang khusus untuk membahas penyambutan dan seremonial pendaftaran. Rapat yang dilaksanakan pada Kamis 13 Juni 2019 di Ruang Pertemuan Pemerintah Desa Klampok dipimpin langsung oeh Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa Klampok Suparjo dan dihadiri oleh seluruh anggota panitia pelaksana.

Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa Klampok mengadaan pertemuan khusus membahas seremonial pendaftaran bkal calon kepala desa

Pada pertemuan yang dilaksanakan tepat sehari menjelang waktu pendaftaran bakal calon dibuka, disepakati bahwa sebagai bentuk apresiasi, penghargaan dan penghormatan kepada warga yang mendaftar sebagai bakal calon kepala desa dilakukan acara seremonial penyambutan. Selain seremonial penyambutan, panitia pelaksana juga menyepakati bahwa ketentuan pendaftaran mengacu pada tanggal pendaftaran. Jadi tidak ada hari libur, meskipun hari Sabtui dan Minggu sebagai hari libur kantor, panitia tetap menerima pendaftaran dengan catatan bakal calon atau tim sukses bakal calon memberitahukan waktunya.

Dari pemantauan dilapangan, terlihat dihari kedua (Sabtu) dan hari ketiga (Minggu) panitia tetap membuka sekretariat pendaftaran dan menugaskan beberapa panitia untuk berjaga/piket. Hal itu menandakan bahwa komitmen panitia pelaksana untuk memberikan pelayanan pada proses pendaftaran sudah dilakukan dengan baik.

“Panitia tidak mengenal hari libur Sabtu dan Minggu selama masa pendaftaran. Sabtu dan Minggu memang hari libur kantor termasuk Kantor Pemerintah Desa Klampok, tapi tidak bagi panitia. Panitia pelaksana tetap melayani dan membuka kantor sekretariat pendaftaran”, demikian disampaikan Suparjo Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa Klampok di temui di Ruang Pertemuan Pemerintah Desa Klampok yang menjadi Sekretariat Panitia.

Sementara itu Kepala Desa dan Perangkat Desa Klampok juga tidak mau ketinggalan dengan ikut menyambut bakal calon yang mendaftar sebagai bentuk penghormatan kepada warganya. Ditemui di kantornya Sekretaris Desa Klampok Davis Adityas mengatakan bahwa Perangkat Desa Klampok sudah komitmen untuk menyambut warga yang mendaftar sebagai bakal calon kepala desa walaupun mendaftarkan diri dihari libur kantor. “Memang kami tidak ada katian tugas sebagai perangkat desa dengan pendaftaran bakal calon kepala desa karena itu domain dan kewenangan mutlak panitia pelaksana. Tapi sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada warga, perangkat desa ikut menyambut kedatangan bakal calon sekalipun hari libur kantor. Itu komitmen kami” demikian dikatakan Davis Adityas.

Seremonial Pendaftaran

Dari pemantauan redaksi, setiap pendaftaran bakal calon Kepala Desa Klampok dilakukan seremonial dengan urutan acara sebagai berikut :

  • Penyambutan oleh Perangkat Desa Klampok sebelum Bakal Calon dan Pendamping memasuki ruang pendaftaran.
  • Penyambutan oleh Panitia Pelaksana didalam ruang pendaftaran sebelum bakal calon dan pendamping menempati tempat duduk ytang disiapkan.
  • Pembukaan oleh anggota panitia yang ditugaskan sebagai pembawa acara
  • Pembacaan doa oleh Kayim Badrudin sebagai permohonan untuk kelancaran acara
  • Sambutan penyambutan panitia oleh Ketua Panitia Pelaksana Suparjo.
  • Kata pengantar pendaftaran oleh bakal calon atau bisa diwakili oleh pendamping/tim sukses
  • Penyerahan berkas persyaratan pendaftaran oleh bakal calon kepada panitia yang dalam hal ini diterima langsung oleh Ketua Panitia.
  • Pemeriksaan berkas persyaratan pendaftaran oleh seluruh panitia.
  • Penandatanganan penyerahan berkas persyaratan pendaftaran oleh bakal calon kepada panitia
  • Penutup.

Diharapakan dengan diadakannya seremonial seperti ini, menjadi awal pelaksanaan pemilihan kepala desa Klampok berjalan dengan baik, tertib, damai dan sukses. @Z 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.