PENILAIAN MANDIRI PERCONTOHAN DESA ANTI KORUPSI

Berita

Dalam rangka menjadi percontohan desa anti korupsi, Desa Klampok yang merupakan satu dari tiga desa yang diajukan dari Kecamatan Purwareja Klampok mengadakan penilaian mandiri dari Tim Kecamatan Purwareja Klampok, Rabu (16/10/2024) di Aula Desa Klampok.

Penilaian mandiri ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana 18 indikator desa anti korupsi sudah dilaksanakan di Desa Klampok.

Hadir pada acara penilaian mandiri desa anti korupsi Sekretaris Kecamatan Drs Suroso mewakili Camat yang berhalangan hadir, Kepala Desa Klampok Agus Supriyono Ketua BPD Sunarko Risdiantoro, Perangkat Desa Klampok, Pendamping Desa Klampok, Anggota BPD Desa Klampok, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Klampok, Ketua RW/RT, Ketua Karang Taruna, Ketua Kelompok Tani, Ketua BUMDES dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Klampok mengatakan untuk bisa mencapai desa anti korupsi diperlukan peran serta masyarakat. Oleh karenanya dibutuhkan sinkronisasi 18 indikator yang dibutuhkan dengan peran serta masyarakat. Indikator yang sudah dilaksanakan ini nantinya akan dilakukan uji petik oleh instansi terkait.

Sementara Sekretaris Kecamatan Purworejo Klampok Drs. Suroso mengatakan, di Tahun 2024 ini, Kecamatan Purworejo Klampok mengajukan tiga desa untuk menjadi
Pilot Projet yaitu Desa Klampok, Desa Purwareja dan Desa Kalimandi. Sekedar informasi saat ini desa anti korupsi di Kabupaten Banjarnegara yang pointnya paling tinggi adalah Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu yang mendapat point 97,5.

Drs. Suroso juga mengatakan bahwasanya penilaian mandiri ini utk menilai dari 18 indikator yang sudah dilakukan di tiga desa tersebut. Harapannya 18 indikator bisa tercapai seluruhnya sehingga desa bisa terbebas dari praktek korupsi dan dalam jangka panjang menjadi budaya seluruh unsur dan elemen pemerintahan desa.

Acara selanjutnya dilakukan penyampaian indikator desa antikorupsi di Desa Klampok oleh Sekretaris Desa Klampok Davis Adityas.

Dikesempatan lain Kasi Pemerintahan Desa Kecamatan Purwareja Klampok Sutinah mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Purwareja Klampok, Desa Klampok menjadi desa yang mendapatkan skor paling tinggi yaitu 33 point’. Sutinah mengharapkan, seluruh elemen bisa bekerja lebih keras untuk semakin menaikan skor sehingga menjadi desa bebas anti korupsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan