POSYANDU ILP (INTEGRASI LAYANAN PRIMER)

Berita

Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat Desa.

Kegiatan ini menyasar semua kalangan masyarakat baik bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa dan lansia yang dilaksanakan rutin setiap bulannya. Pelayanan kesehatan yang di terapkan  berupa skrining penyakit tidak menular seperti pemeriksaan tekanan darah,pemeriksaan lingkar perut,cek gula darah,konseling kesehatan dll

Yang membedakan dengan Posyandu biasa (Non ILP) adalah waktu, tempat dan pelaksanaanya. Pada Posyandu ILP, seluruh posyandu yang ada baik Posyandu Lansia, Posyandu Balita maupun  Posyandu Remaja diintegrasikan menjadi satu tempat kegiatan dan pelayanan. Dalam posyandu biasa seperti yang selama ini kita kenal, pelayanan Kesehatan hanya diberikan kepada warga yang hadir dalam kegiatan posyandu.

Sedangkan pada posyandu ILP karena tujuannya untuk menguatkan pelayanan Kesehatan menyeluruh di desa, maka petugas posyandu akan mendatangi rumah warga yang tidak hadir pada kegiatan posyandu untuk memberikan pelayanan Kesehatan.

Dalam hal administrasi pada Posyandu ILP, hasil rekam medis tiap bulan akan dibuat per individu dalam lambaran khusus rekam medis, berbeda dengan posyandu biasa yang hanya dicatat pada sebuah buku bantu. Lembar rekam medis ini akan mencatat riwayat Kesehatan setiap individu tiap bulan selama 1 tahun.

Posyandu ILP menjadi sebuah keniscayaan selain sudah menjadi program pemerintah juga sebagai upava preventif menjaga Kesehatan warga. Menyadari hal ini Pemerintah Desa Klampok akan memperkenalkan Posyandu ILP pada 12 Agustus 2024 di Posyandu Ngesti Rahayu 10. Ini menjadi posyandu pertama di Desa Klampok yang akan menerapkan konsep Posyandu Integrasi Layanan Primer.

Menurut Kasi Pelayanan Desa Klampok Siti Muntakoh, untuk tahap awal baru Posyandu Ngesti Rahayu 10 yang dijadikan pilot projek mengingat keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia untuk pelaksanaannya. “ Ditahun 2024 ini Pemerintah Desa Klampok belum menganggarkan untuk Posyandu ILP, makanya belum semua posyandu bisa diintegrasikan menjadi Posyandu ILP. Launching tanggal 12 Agustus besok di Posyandu Ngesti Rahayu 10 juga logistiknya dibantu Puskesmas Purwareja Klampok 1. Semoga di tahun 2025 seluruh posyandu di Desa Klampok sudah bisa diintegrasikan menjadi Posyandi ILP”, demikian Bu Mumum panggilan Kasi Pelayanan Desa Klampok menjelaskan ditemui di kantornya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan