NGESTI RAHAYU 10 “Pilot project” POSYANDU ILP DI DESA KLAMPOK

Berita

Posyandu telah bertransformasi menjadi Posyandu ILP (Integrasi Layanan Primer) yang bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan dapat dengan mudah menuju ke lokasi. Menindaklanjuti penerapan Posyandu ILP, Pemerintah Desa Klampok bekerja sama dengan Puskesmas Purwareja Klampok 1 mengadakan perkenalan dan launching pelaksanaan Posyandu ILP Senin (12/8/2024) di aula RW 10 Desa Klampok.

Hadir pada launching dari Pemerintah Desa Klampok Kepala Desa Klampok Agus Supriyono, Ketua PKK Desa Klampok Sri Hidayati, Kasi Pelayanan Siti Muntakoh, Kepala Dusun 4 Kemangunan Susanto. Sementara dari Puskesmas Klampok 1 hadir Kepala Puskesmas Purwareja Klampok 1 dr. Edi Santosa, Imam Setyawan, Qiqi Arieta dan Bidan Eva. Sementara dari petugas posyandu hadir seluruh Kader Posyandu Ngesti Rahayu 10 yang menjadi project pilot pelaksanaan Posyandu ILP di Desa Klampok.

Dalam sambutannya Kepala Desa Klampok mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik selama ini dari Puskesmas Purwareja Klampok 1. Program-program bidang Kesehatan Pemerintah Desa Klampok selama ini sudah terlaksana dengan baik yang salah satunya atas dukungan, bantuan dan kerja sama dengan Puskesmas Purwareja Klampok. “Salah satunya launching Posyandu ILP di Posyandu Ngesti Rahayu 10 yang hari ini terlaksana juga atas dukungan dan bantuan Puskemas Purwareja Klampok 1”, demikian Kepala Desa Klampok menambahkan.

Dalam launching Posyandu ILP ini ditandai dengan pelepasan sepasang burung merpati oleh Kepala Desa Klampok dan Kepala Puskesmas Purwareja Klampok 1. Menurut Kepala Desa Klampok sepasang merpati ini melambangkan sinergitas semua stock holder yang ada baik Pemerintah Desa, Puskesmas, Kader Kesehatan Desa dan seluruh warga dalam upaya menciptakan kehidupan yang sehat. Selain terciptanya sinergitas bersama, sepasang merpati ini juga sebagai simbol terciptanya keseimbangan manusia dan sesama makhluk hidup lain.

Setelah seremonial launching posyandu ILP dilanjutkan dengan pelayanan posyandu seperti biasanya seperti pemeriksaan Kesehatan, hanya saja karena sudah menjadi Posyandu ILP pemeriksaan dilakukan terhadap balita, lansia, remaja dan usia produktif oleh Kader Posyandu Ngesti Rahayu 10 dan Petugas Puskesmas Purwareja Klampok 1.

Setelah launching di Posyandu Ngesti Rahayu 10, selanjutnya akan dilanjutkan dengan posyandu yang lain di Desa Klampok. Diharapkan di tahun 2025 nanti seluruh posyandu yang berjumlah 14 posyandu di Desa Klampok sudah menerapkan Posyandu ILP. “Mengingat keterbatasan anggaran dan petugas, penerapan posyandu yang lain akan dilakukan secara bertahap”, demikian Kasi Pelayanan menambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan